Banner 1

Banner 1

Supervisi Pembelajaran Al Qur'an SDIT Yaa Bunayya oleh Ummi Foundation

Kegiatan supervisi pembelajaran Al-Qur'an metode Ummi di SIT Yaa Bunayya merupakan salah satu upaya untuk menjaga kualitas pendidikan Al-Qur'an yang menjadi pondasi penting dalam pembentukan karakter Islami siswa. Supervisi ini dilakukan secara rutin dengan melibatkan para ustadz dan ustadzah dari berbagai tingkatan kelas, yang bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas metode pengajaran.


Pada sesi supervisi, tim dari Ummi Foundation hadir untuk memantau secara langsung proses pembelajaran. Mereka mengamati bagaimana para guru menerapkan metode Ummi, terutama dalam hal pelafalan tajwid, kefasihan membaca, serta teknik pengajaran yang interaktif. Setiap detil diperhatikan, mulai dari pembukaan kelas yang penuh semangat, cara guru menjelaskan materi, hingga interaksi antara guru dan siswa saat muroja'ah.


Salah satu fokus utama supervisi adalah memastikan bahwa siswa mampu membaca Al-Qur'an dengan tartil, sesuai dengan kaidah tajwid, dan memahami arti serta makna dari ayat-ayat yang dibaca. Selain itu, metode Ummi juga menekankan pentingnya pembiasaan sehari-hari dalam membaca Al-Qur'an dengan penuh cinta dan adab yang baik. Supervisi ini menjadi kesempatan bagi para guru untuk mendapatkan feedback langsung dari tim Ummi, sehingga mereka dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran.


Setelah observasi selesai, sesi diskusi dan evaluasi dilakukan bersama para guru. Tim Ummi Foundation memberikan masukan yang bermanfaat, sekaligus apresiasi atas dedikasi para guru dalam membimbing siswa. Mereka juga memberikan saran untuk pengembangan lebih lanjut, baik dalam hal strategi mengajar maupun pengelolaan kelas.


Dengan adanya supervisi ini, SIT Yaa Bunayya berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan Al-Qur'an. Harapannya, setiap siswa mampu menjadi generasi yang mencintai Al-Qur'an, tidak hanya sekedar membaca, tetapi juga memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.